Saturday, February 9, 2013

Membuat Animasi Judul dengan After Effect




Pada tutorial sebelumnya, saya membuat tutorial After Effect tentang cara membuat Intro sederhana. Dan, pada postingan kali inipun, saya masih membuat tutorial After Effect, tapi dengan kasus berbeda tentunya….

Efeknya sendiri adalah 4 buah kotak dengan teks yang berputar pada waktu tertentu, dan berhenti pada waktu tertentu juga. Daripada bingung dengan penjelasannya, bisa agan lihat sendiri deh hasilnya…


Efek ini terinspirasi dari salah satu iklan di TV. Karena cukup menarik, ahirnya saya nyoba di After Effect dan mendapatkan hasil seperti diatas.

Ok, ,check this Out….

1. Pertama, buat dulu Compositon baru pada menu Composition > New Composition . atau gunakan Shortcut Ctrl+N supaya lebih gampang. Atur namanya menjadi Mograph_Percobaandengan ukuran Width=720 dan Height=480.


2. Setelah membuat Composition baru tersebut, tampilan After Effect akan menjadi seperti gambar dibawah.


3.  Sekarang buat lagi Composition baru dengan Nama Kotak_BG, dengan ukuran Width=352 danHeight=288 lalu tekan OK!


4.  Nah, sekarang anda akan berada pada timeline: Composition Kotak_BG. Anda bisa beralih ketimeline: Composition Mograph Percobaan dengan mengklik tab yang berada di sampingnya.


5. Masih di Compositon Kotak_BG, buat layer solid baru pada menu layer > New > Solid


6.  Atur nama nya: Layer_Solid dan klik tombol Make Comp Size supaya ukurannya menyesuaikan dengan ukuran Composition.

7. Seleksi Layer_Solid, lalu pada menu Effect > Generate > Ramp.


8. Di parameter ramp tersebut, atur Start Color=hijau tuaEnd Color=hijau muda, dan ramp color=radial ramp. Atur titik point radial ramp seperti gambar.


9. Duplikat Layer_Solid menjadi 3 buah layer menggunakan Shortcut Ctrl+D.


10. Ubah nama Layer ke 2 dan ke 3 menjadi Bingkai 1 dan Bingkai 2. (untuk mengubah nama, cukup seleksi layer lalu tekan Enter).


11. Seleksi semua layer lalu tekan tombol S untuk membuka pengaturan Scale (untuk mengubah skala/ukuran). Ganti nilai Scale pada Layer_Solid menjadi 80%, Bingkai_1 menjadi 90%. Untuk Bingkai_2 ukurannya tetap 100% gan…


12. Seleksi lagi semua layer lalu tekan tombol T pada keyboard untuk membuka pengaturan Opacity(untuk mengubah transparansi). Atur nilai Opacity 80% pada semua layer.


13. Sekarang, kembali ke timeline: Composition Mograph_Percobaan dengan mengklik tab seperti gambar dibawah. Pada panel Project, drag atau masukkan Composition Kotak_BG ke Timeline.


14. Duplikat Composition Kotak_BG tersebut menjadi 4 buah seperti gambar dibawah.


15. Buatlah teks menggunakan Type Tool, lalu ketik teks yang diinginkan ke ViewPort. Misalnya saya memasukkan “Teks 1”.


16. Duplikat juga layer teks ini menjadi 4 buah.


17. Posisikan letak layer teks dan Composition Kotak_BG selang-seling seperti gambar dibawah. Jadi tiap layer teks berada dibagian atas Composition Kotak_BG secara berpasangan.


18. Seleksi pasangan pertama dibagian atas (satu layer teks dan satu composition Kotak_BG) lalu tekan Ctrl+Shift+C. Pada jendela Pre-Compose yang muncul, ganti namanya menjadi Teks 1. Nonaktifkan ceklis Open New Composition supaya kita tidak berpindah Composition.


19. Sekarang seleksi pasangan kedua, lalu tekan Ctrl+Shift+C. pada jendela Pre-Compose yang muncul, ganti namanya menjadi Teks 2. (pasangan kedua ini adalah layer teks 2 dan Composition Kotak_BG dibawahnya).


20. Lakukan juga pada pasangan ke-3 dan ke-4 sehingga agan mendapatkan 4 Composition pada timeline dengan nama Teks 1 sampai Teks 4 secara berurutan kebawah seperti gambar.


21. Ubah semua Composition menjadi 3D dengan mengaktifkan ikon 3D bergambar kubus pada timeline.


22. Ubah pandangan View 3D Popup menjadi Top, lalu seleksi Composition Teks 1 pada timeline. Dengan menggunakan Pan Behind Tool (Y), geser pivot/pusat gerakan ke belakang seperti gambar dibawah.


23. Ubah kembali pandangan View 3D Popup menjadi Active Camera lalu seleksi Composition Teks 2 sampai Teks 4, dan  ubah Parent = Teks 1. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar gan…


24. Seleksi Composition Layer 1, lalu tekan tombol R untuk membuka pengaturan Rotation/Putaran. Pada Y Rotation, ubah parameter nya menjadi 0 x +90 (agar berputar 90 derajat pada sumbu Y).


25. Ubah parent Composition 4 menjadi None .


26. Ubah kembali parameter Y Rotation pada Composition Teks 1 menjadi 0 x +180. Dan… ubah parent Composition 3 menjadi None.


27. Masih di Parameter Y Rotation, ubah nilainya menjadi 0 x +270 lalu ubah parent  Composition 2menjadi None.


28. Sekarang, ubah lagi parameter Y Rotation menjadi 0 x +360. Maka otomatis nilainya akan berubah menjadi 1 x +0.0 ( artinya, layer sudah mengalami perputaran sebanyak 1 kali putaran, karena 360 derajat = 1 kali putaran).

29. Seleksi 3 Composition paling bawah (Comp Teks 2 sampai Teks 4) seperti gambar di bawah, lalu ubah parent menjadi Teks 1.


30. Nah, sekarang coba drag parameter Y Rotation ke kiri atau ke kanan menggunakan Cursor, maka otomatis semua Kotak akan berputar sesuai dengan perubahan parameter Y Rotation. Pada dasarnya, untuk membuat video seperti di atas, saya menganimasikan parameter Y Rotation ini pada frame yang ditentukan.


31. Sebelumnya kita sudah mendesain layer dan Composition, dan menghubungkan layer-layer  tersebut agar dapat bergerak secara bersamaan. Saya menambahkan Layer kamera, agar layer dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dengan mudah.


32. Kalau anda ingin mengganti huruf pada masing-masing Composition, caranya double klik Composition yang ingin diganti hurufnya pada panel project, lalu composition tersebut bisa  anda edit di timeline. Saya mengubah huruf pada Comp. Teks 1 dengan Visual Effect, Teks 2 dengan Desain Grafis, dan seterusnya.


33. Sekarang, kita memasuki tahap animasi. Seleksi Comp Teks 1 lalu tekan tombol R pada keyboard untuk membuka parameter Rotation. Posisikan timeslider agar berada pada detik ke-0 (nol) di timeline, dengan nilai Y Rotation 0x +0,0.


34. klik ikon stopwatch pada Y Rotation untuk membuat keyframe, lalu atur nilanya menjadi 0x -35.


35. Geser timeline ke detik pertama (01s) lalu atur nilai Y Rotation menjadi 0x +25 seperti gambar dibawah.

36. Geser timeline ke detik kedua (02s), lalu atur nilai Y Rotation menjadi 1x +60.


37. Geser timeline ke detik ketiga (03s), lalu atur nilai Y Rotation menjadi 1x +110.


38. Geser timeline ke detik keempat (04s), lalu atur nilai Y Rotation menjadi 2x +150.


39. Geser timeline ke detik kelima (05s), lalu atur nilai Y Rotation menjadi 2x +200.


40. Geser timeline ke detik keenam (06s), lalu atur nilai Y Rotation menjadi 3x +240.


41. Geser timeline ke detik ketujuh (07s), lalu atur nilai Y Rotation menjadi 3x +300.


42. Terakhir, supaya animasi tampak lebih hidup, aktifkan motion blur. Caranya aktifkan tombol Motion Blur diatas panel layer, lalu aktifkan ceklis motion blur pada semua Composition dan layer seperti gambar dibawah.


Ya…. Sebenarnya nilai-nilai pada langkah langkah diatas tidak harus sama persis. Anda bisa bereksperimen dengan nilai-nilai tersebut untuk mendapatkan bentuk animasi yang lebih bagus. 
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Membuat Animasi Judul dengan After Effect; Ditulis oleh Aditya Ef-Venom Phan tom; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment