Wednesday, December 19, 2012

Multimedia SMK Ahmad Yani Gurah Kediri


Profil Multimedia



 SMK Ahmad Yani membuka jurusan "Multimedia" pada Tahun 2010. Banyak murid-murid yang ingin mendalami bidang multimedia setelah jurusan baru ini di buka termasuk saya. Memang awalnya jurusan ini terasa sedikit sulit tapi jika di minati dan di telateni jurusan multimedia ini cukup seru karena bisa mengenal tentang multimedia. Jurusan multimedia Ahmad Yani memberikan wawasan baru tentang tekhnologi komputer, editing, merakit komputer, dll. Karena adanya jurusan baru ini di SMK Ahmad Yani membangun ruangan Lab. komputer khusus untuk anak multimedia, jaringan free internet wifi, hotspot, fasilitas camera dan handycam, dll.
Pelajaran yang ada di Multimedia Ahmad Yani ini sangat bermanfaat dengan perkembangan tekhnologi yang sangat cepat. Pelajaran yang di ajarkan memang tidak secepat dengan perkembangan multimedia di dunia maya, tapi cukup untuk pengalaman dan untuk mengasah otak. Yang di ajarkan dalam jurusan multimedia antaralain :
- Pembuatan Logo
- Editing Foto
- Editing Video
- Membuat Animasi
- Merakit computer
- Membuat Web
- Mengolah Audio

Tentang Multimedia sendiri dapat di artikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi, dan video. Sekilas informasi tentang Program Aplikasi yang sering digunakan dalam Multimedia :
“Adobe Photoshop” sudah tidak asing lagi dalam bidang multimedia tentunya para editor foto. Aplikasi yang sangat lengkap dan tambahan fitur untuk meng-edit atau memanipulasi foto, hasil yang diperoleh dari Adobe Photoshop ini cukup memuaskan bagi para creator maupun manipulator yang mengekspresikan karya mereka di computer atau multimedia termasuk saya.
Download Aplikasi ini :
Adobe Photoshop CS3 Portable ( 65 Mb )
“Corel Draw” aplikasi berbasis vector yang sangat cocok untuk pembuatan design logo. Selain itu juga ada fitur yang bisa untuk membuat agar logoatau hasil editing lebih nyata dan realistis.
Download Aplikasi Ini :
CorelDRAW X3 Portable ( 34 Mb )
Supported by : Thundafunda
Aplikasi ini juga berbasis vector tapi tidak sama dengan corel draw yaitu lebih mengarah pada pembuatan animasi 2D. Mungkin saya tidak bisa banyak cerita karena saya juga belum terlalu menguasai aplikasi ini. :D
Ketiga aplikasi ini adalah Aplikasi editing video yang cukup lengkap dengan fitur editing video yang lebih banyak dan sangat tepat untuk para editor video.
Download Aplikasi Ini :
Adobe Premiere Pro CS3 ( 120 Mb )
  • Cool Edit Pro
Aplikasi ini digunakan untuk mengolah file suara kedalam multimedia. Berbagai fitur tambahan yang di siapkan dalam aplikasi ini membuat audio yang diedit lebih terdengar menarik.
Kembali lagi ke editing video, tapi aplikasi ini sangat menarik untuk pecinta video dengan efek-efek khusus, Aplikasi editing video yang di tambah dengan fitur dan effect yang sangat realistic ini membuat video lebih beda dengan aplikasi editing lainnya. Tutorial atau ingin lihat sekilas tentang After Effect Klik Di Sini.
Aplikasi dalam bidang pembuatan Web/Blog yang cukup bermanfaat untuk mendesign Web/Blog untuk lebih menarik pengunjung.
  • Swishmax
Aplikasi pembuatan animasi yang memiliki tambahan fitur dan effect yang lebih banyak daripada dengan Macromedia Flash Player. Aplikasi yang bisa dibilang sebagai pembuat animasi yang bisa diberi kesan lebih ke 3D.

Sebenarnya masih lebih banyak program aplikasi dalam multimedia, tapi karena saya capek ngetiknya dan jelasinnya, maka saya beri sedikit tambahan pengetahuan :

1. Layout
Aplikasi pengolah tata letak. Program ini sering digunakan untuk pembuatan brosur, pamphlet, poster, dll. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar dari program lain. Yang termasuk dalam kelompok ini :
  • Adobe Frame Maker
  • Adobe In Design
  • Adobe Pagemaker
  • Corel Venture
  • Microsoft Publisher
  • Quark Xpress
2. Garis (Line)
Aplikasi pengolah vector. Program yang termasuk kelompok ini di gunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vector atau garis. Sehingga sering disebut ilustrasi program seluruh object yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik garis lurus maupun garis lengkung. Yang termasuk dalam program ini :
  • Adobe Ilustrator
  • Beneba Canvas
  • Corel Draw
  • Macromedia Freehand
  • Metacreation Expression
  • Micrografx Designer
3. Ruang (Space)
Aplikasi pengolah pixels. Program yang termasuk program ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar atau manipulasi photo. Senua objek yang di bawa tersebut di anggap sebagai kombinasi beberapa titik atau pixel yang memilki beberapa kerapatan yang memilih warna tertentu. Yang termasuk aplikasi ini adalah :
  • Adobe Photoshop
  • Adobe Reader
4. Video
Aplikasi pengolah film dan video. Program yang termasuk kelompok ini biasa dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Yang termasuk aplikasi ini adalah :
  • Adobe After Effect
  • Power Director
  • Showbiz DVD
  • Ulead Videostudio
  • Alament Premiere
  • Adobe Premiere
  • Sony Vegas
  • Win DVD creator
  • Pinnacle Studio
  • Nero Ultra Editor
5. Animation
Aplikasi pengolah multimedia (animasi). Program yang termasuk kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk multimedia. Berisi profil, promosi, iklan layanan masyarakat maupun sejenisnya dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berupa film, animasi, teks, gambar, suara, yang dirancang sedemikian rupa, sehingga pesan yang disampaikan lebih menarik.

Selain mendapat ilmu dari sekolah seperti pengajaran yang di ajarkan pada aplikasi di atas, kelas Multimedia ini juga mendapat tambahan pengalaman dan wawasan di dunia luar yang tentunya juga lebih banyak ilmu tentang ilmu Multimedia. Mungkin tidak asing lagi dengan kegiatan Prakering/PSG/Magang, beberapa hasil kegiatan Prakerin dari teman-teman yang selesai prakerin saya buat contoh seperti inilah hasilnya :
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Multimedia SMK Ahmad Yani Gurah Kediri; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

2 comments:

  1. bersama rakyat membangun desa Turus, Kec. Gurah yang mandiri dan gotong rongyong. Puput Setiawan. nomer urut 3 suara. anda menentukan nasib desa 6 tahun kedepan. mohon doa dan dukungannya. SAUDARA

    ReplyDelete
  2. Gunakan Hak Pilih Anda dalam pemilihan PILKADES nanti hari Rabu 20 Febuari 2012 , Masa Depan 6 Tahun kedepan Desa Turus - Kec. Gurah Kab. Kediri bersama No 3 PUPUT SETIAWAN , Jangan pernah mau Hak Pilih SAUDARA dikeberi oleh Money Politik Ulah para Penjudi.....untuk kepentingan sesaat

    ReplyDelete